Jantung/Heart (Xin)
Di dalam TCM disebutkan bahwa jantung dianggap sebagai kaisar/penguasa dari organ organ lain sehingga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam tubuh secara keseluruhan. Fungsi utama jantung adalah sebagai berikut :
- Menguasai darah
- Tercermin dalam wajah
- Mengatur pembuluh darah
- Menjadi pusat pikiran/semangat (Shen*)
- Bermuara pada lidah
- Mengatur pengeluaran keringat
Gambar Jantung
Menguasai darah
Dalam buku Nei Jing disebutkan bahwa jantung menguasai Xue May yang artinya Jantung menguasai darah dan pembuluh darah. Jantung berfungsi memompa darah untuk menutrisi seluruh tubuh. Jantung menjamin darah mengalir dan bersirkulasi di dalam pembuluh darah. Pengaturan sirkulasi darah tergantung dengan Qi. Jika Qi jantung cukup, sirkulasi darah di dalam pembuluh darah, transportasi substansi nutrisi ke jaringan, ke organ dalam dan ke bagian tubuh lain akan lancar. Defisiensi Qi jantung ditandai dengan gejala : kompleksi pucat dan nadi lemah. Gejala yang lebih serius meliputi wajah dan bibir cyanosis oleh karena stasis darah dan nadi yang tidak lancar. Jika ada hemoptysis, epitaxis, palpitasi umumnya diterapi dengan meregulasi jantung.
Tercermin dalam wajah
Jantung berhubungan dengan darah dan pembuluh darah yang berarti bahwa seluruh darah yang ada di dalam tubuh adalah milik jantung. Keadaan jantung bisa dilihat dari warna wajah. Wajah kaya akan pembuluh darah, oleh karena itu ketika Qi dan darah jantung cukup, wajah akan tampak pucat dan kusam. Jika darah jantung kurang maka wajah akan kehilangan kesegaranya. Jika ada stagnasi darah jantung, wajah akan terlihat cyanotic.
Mengatur pembuluh darah
Keadaan energi jantung tercermin dalam status pembuluh darah. Pembukuh darah sangat tergantung pada Qi dan darah jantung, apabila Qi jantung kuat maka pembuluh darah juga baik sehingga nadi penuh dan teratur. Jika Qi lemah maka nadi juga akan lemah dan tidak teratur.
Menjadi pusat pikiran/kesadaran (Shen*)
Shen* dalam bahasa aslinya mempunyai berbagi arti, dan dalam pengobatan tradisional Cina kata ini sering dipakai dalam dua pengertian. Pengertian pertama Shen* meliputi seluruh kegiatan mental, dan "pusat" Shen* adalah jantung. Pengertian kedua meliputi seluruh kegiatan mental, spritual dan emosional manusia, jadi dalam hal ini Shen* juga memengaruhi organ Yin, selain jantung. Ada lima fungsi yang terkait dengan jantung yaitu : aktivitas mental (termasuk emosi), kesadaran, memori/ingatan, berpikir dan tidur. Jika jantung bekerja baik dan darah mencukupi maka aktivitas mental akan normal, kehidupan emosional akan seimbang, kesadaran baik, memori baik, dan pemikiran tajam serta tidur nyenyak. Sebaliknya apabila jantung lemah dan darah tidak mencukupi, sering akan terjadi gangguan mental seperti depresi, daya ingat yang berkurang, daya berpikir yang tumpul, insomnia atau mengantuk dan bila dalam keadaan parah akan terjadi hilangnya kesadaran/pingsan. Fungsi jantung sebagai "pusat" pikiran/kesadaran berhubungan sangat erat dengan tersedianya sari hara (Jing) oleh darah, dan sebaliknya pikiran/kesadaran akan mengatur aliran darah.
Dalam TCM dikatakan bahwa "Darah adalah akar dari pikiran". Hal ini berarti bahwa jika darah jantung tidak mencukupi maka akan terjadi kegelisahan, depresi, anxiestas, dan insomnia. Sebaliknya kegelisahan mental , problem emosional dan kesedihan dapat mengakibatkan defisiensi darah jantung, sehingga menimbulkan palpitasi, wajah yang pucat, serta nadi yang lemah dan tidak teratur. Disebutkan pula bahwa tubuh dan pikiran saling berhubungan erat dengan sari hara (Jing) dan Qi, yang merupakan dasar faali bagi pikiran. Dari ketiga hal tersebut yaitu pikiran, sari hara (Jing) dan Qi disebut sebagai tiga bahan utama yang berharga bagi tubuh. Sebagai pengertian kedua Shen* mencakup aspek emosional, mental dan semangat spritual dari individu, dan semua itu berhubungan erat dengan kelima organ Yin. Masing masing organ Yin akan memengaruhi emosi, pikiran dan semangat dengan cara yang berbeda. Karena itu dikatakan sebagai berikut :
- Jantung adalah tempat kesadaran/pikiran (Shen)
- Hati adalah tempat jiwa (Hun)
- Paru paru adalah tempat semangat mempertahankan hidup (Po)
- Ginjal adalah tempat kemauan (Zhi)
- Limpa adalah tempat menarik kesimpulan/berkonsterasi (Yi)
Mengenai konsep kegiatan mental yang lain akan dibahas lebih lanjut pada pembahasan masing masing organ.
Bermuara pada lidah
Lidah merupakan manifestasi luar dari jantung. Lidah dapat berfungsi dengan baik jika fungsi fisiologis jantung normal. Jika fungsi jantung abnormal maka lidah tidak peka dalam rasa, lidah kaku bahkan delirium. Lidah kaya akan pembuluh darah, sehingga observasi lidah bisa mengetahui kondisi sirkulasi Qi dan darah dan untuk mengetahui fungsi jantung. Jika fungsi jantung normal, lidah akan tampak merah, lembab dan cerah. Lidah terlihat lembut dan bergerak fleksibel. Sensitive dalam merasakan rasa dan mampu bicara dengan lancar. Jika ada kondisi pathologis jantung, maka akan terlihat pada lidah. Defisiensi Yang jantung bisa mengakibatkan lidah gemuk dengan warna pucat. Defisiensi Yin jantung mengakibatkan lidah kurus dan warnanya merah tua. Api jantung berkobar menyebabkan warna lidah merah tua dan bisa tampak lesi di lidah. Stagnasi darah jantung mengakibatkan warna lidah ungu gelap dan echimosis. Jika kontrol jantung abnormal terhadap aktivitas mental bisa menyebakan lidah keriting, lidah kaku, delirium dan aphasia.
Mengatur pengeluaran keringat
Yang Qi mengubah Jin Ye menjadi keringat, yang selanjutnya dikelurakan melalui kelenjar keringat. Keluarnya keringat juga tergantung oleh Wei Qi. Wei Qi mengontrol pembukaan dan penutupan pori pori kulit. Keringat dan darah berasal dari sumber yang sama karena sama sama ditransformasi dari Jin ye. 0leh sebab itu, TCM menganggap keringat sebagai cairan jantung. Defisiensi jantung dapat menyebabkan keringat spontan. Defisiensi Yang jantung bisa mengakibatkan keringat profuse. Secara klinis, keringat abnormal dapat diterapi dengan meregulasi fungsi jantung.
Sumber :
Saputra, Kusnadi et.al.(2005) Akupunktur Indonesia: Akupunktur Dasar. Surabaya: Airlangga University Press.
Sheng, Zhou Xue. (2007). Chinese Medicine Study Guide-Fundamentals. People’s Medical Publishing House
Gongwang, Liu. Fundamental of Acupuncture and Moxibustion
Xinnong, Cheng.(1999). Chine Acupuncture and Moxibustion. Beijing: Foreign Languages Press